Rabu, 29 April 2015

Penerapan Komputasi Modern Pada Berbagai Bidang

Pada tugas softskill kali ini dibahas tentang penerapan komputasi modern pada berbagi bidang,disini saya memilih untuk membahas tentang website 9GAG.Berikut penjelasan tentang web tersebut :


WWW.9GAG.COM

9GAG merupakan sebuah situs komedi online yang menampilkan berbagai media visual baik gambar ataupun video 9gag dibuat pada tahun 2008 oleh Ray Chan, Chris Chan, Marco Fung, Brian Yu, dan Derek Chan. 9gag adalah startup yang berbasikan di Hong Kongdengan sebuah platform terbuka dan kolaboratif, situs ini memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam menyebarkan hiburan visual secara cepat dan mudah. Situs 9gag ini telah dikunjungi lebih dari 65 juta pengunjung dan lebih dari satu miliar tampilan halaman per-bulan. 9gag memiliki komunitas pengguna paling aktif dari setiap situs komedi online lainnya.



9GAG mengijinkan para anggotanya untuk dapat meng-upload media visual yang ingin mereka bagikan kepada dunia. Selanjutnya, media visual yang mereka upload akan di vote oleh para user lain dengan menekan tombol 'fun' yang berlambangkan ikon smile dan ikon sad. Ikon smile digunakan untuk me-like media visual yang telah di upload, sedangkan ikon sad untuk me-dislike media visual yang ada. Selanjutnya, media visual yang telah di upload akan masuk ke halaman vote terlebih dahulu, lalu jika media visual yang di upload tersebut mendapatkan lebih banyak vote di ikon smile daripada vote di ikon sad, maka media visual tersebut akan masuk ke halaman trending, dan setelah melalui proses vote di halaman trending jika media visual tersebut mendapatkan banyak vote di ikon smile maka media visual tersebut akan masuk ke halaman hot, yang merupakan halaman dimana tempat media visual yang paling banyak mendapatkan vote smile terkumpul. Bagi para 9gag-ers, adalah suatu kebanggaan tersendiri jika media visual yang mereka upload dapat masuk ke halaman hot.


Gambar diatas merupakan bentuk dari hompage 9gag.com. Dapat dilihat pada halaman tersebut,terdapat beberapa menu,seperti Hot,Trending,Fresh,Watch,NSFW,GIF,Chat dan lain-lain.

Hot Page adalah halaman yang berisikan konten-konten yang telah mendapat banyak vote dari pada member,Hot Page sendiri merupakan halaman homepage dari 9gag.com itu sendiri.

Trending Page adalah halaman yang berisikan konten-konten yang sedang trend pada saat itu,konten-konten ini umumnya di ungggah oleh member dalam waktu yang belum begitu lama.

Fresh Page adalah halaman yang berisi konten-konten baru yang baru saja diunggah oleh para pengguna.

Page lainnya merupakan page optional dimana dibutuhkan untuk menjadi member dari website tersebut terlebih dahulu untuk dapat mengaksesnya


Untuk proses pendaftaran sebagai member sendiri dapat dilakukan dengan mudah dan gratis,layaknya mendaftar pada media social lainnya,dibutuhkan email address dari calon member,username dan beberapa keterangan. Berikut contoh halaman pendaftaran dari website tersebut :



Kelebihan dari website 9gag.com :
  1. - Konten yang terdapat didalam website ini sangat menghibur bagi saya pribadi.
  2. Dapat diakses dengan mudah karna tersedia dalam versi mobile untuk digunakan pada smartphone.
  3. Banyaknya pengguna dari berbagai negara membuat saya mengetahui banyak hal yang sebelumnya tidak saya ketahui.

Kekurangan dari website 9gag.com :

  1. Karena kurangnya kreatifitas,kadan beberapa member mencoba mengunggah konten yang sebelumnya pernah diunggah atau biasa dikatakan dengan repost.
  2. Beberapa member kadang melakukan tindakan rasial dengan mengecilkan ras tertentu.
  3. Adanya member yang membahas unsur politik dalam website ini sehingga melenceng dari tujuan website ini pada awalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar