Rabu, 29 April 2015

Prinsip Berpegang Teguh

Prisip berpegang teguh bagi saya adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan seseorang,walaupun pada kenyataan banyak orang yang tidak dapat pergang teguh pada prinsipnya sendiri.
Saya selaku penulis juga menyadari kurangnya saya yang terkadang tidak berpegaang pada prinsip yang pada awalnya telah saya tetapkan. Banyaknya tekanan kadang melemahkan diri saya terhadap prinsip yang saya miliki.
Disini saya akan membahas beberapa prinsip yang menurut saya sangat penting bagi saya pribadi.
Prinsip pertama bagi saya adalah “Keluarga Nomor Satu”. Menjadi anak laki-laki dalam keluarga membuat saya sadar kalo saya mempunyai tanggung jawab yang cukup besar. Disini saya selalu berusaha untuk tidak melupakan prinsip ini,saya meletakan prinsip ini menjadi yang utama karna saya sangat menyadari pentingnya keluarga.Orang tua adalah hal terpenting dalam hidup saya,saya selalu mencoba untuk tidak mengecewakan mereka,namun pada kenyataannnya saya sering merasa telah melakukan hal-hal yang akan mengecewakan mereka.Saya terlahir menjadi anak kedua dari 3 bersaudara,saya memiliki satu kakak perempuan dan satu adik laki-laki,disini saya merasa memiliki peran untuk menjadi adik yang bisa melindungi kakak perempuan saya dan menjadi kakak yang baik bagi adik saya.Meskipun pada kenyataannya akan selalu terjadi pertengkaran dalam saya bersaudara,tetapi saya tetap coba untuk mengedepankan prinsip saya tadi.
Prinsip kedua dalam hidup saya adalah “Hidup saya dan masa depan saya 100 persen adalah hak saya”. Prinsip ini mejadi salah satu prinsip yang susah untuk saya terapkan,karena banyaknya tekanan. Tekanan dari keluarga adalah yang terberat,pada dasarnya saya mengerti kalau keluarga pasti menginginkan yang terbaik untuk saya,namun dalam hati sering terjadi pertentangan,disatu sisi saya tidak ingin mengecewakan orang tua dan keluarga saya,tetapi disisi lain saya merasa tidak menemukan hal yang menarik dari yang saya kerjakan,hingga akhirnya saya memutuskan untuk mencoba menyelesaikan pendidikan saya secepatnya,sehingga orang tua saya bisa sedikit bangga dengan saya,dikemudian harinya,saya akan menerapkan prinsip saya tadi,saya akan mencoba menjalankan hidup sesuai yang saya inginkan tanpa ada tekanan dari orang lain.
Prinsip selanjutnya adalah “Perkataan buruk orang tentang diri anda tidak akan ada habisnya,jadi tidak ada gunanya untuk mendengarkan ataupun menanggapi”. Menjadi seseorang yang terlalu mendengarkan perkataan orang pernah saya alami,segala kritikan maupun candaan selalu saya tanggapi dengan perasaan,sehingga pada akhirnya saya menjadi orang yang tertekan dengan perkataan orang lain. Hingga pada suatu ketika saya sadar kalau semua yang orang katakan hanyalah hal-hal yang bisa saya ubah atau saya lakukan,disini saya mencoba untuk tidak lagi menjadi orang yang terlalu mendengarkan perkataan orang lain,yang mencoba menjadi pribadi yang akan melakukan hal-hal yang saya senangi dan mencoba untuk tidak lagi terpengaruh perkataan orang lain.

Mungkin sekian ulasan saya tentang pentingnya prinsip berpegang teguh bagi saya pribadi,walaupun pada kenyataannya saya bukanlah orang sempurna yang bisa selalu berpegang teguh pada prinsip yang saya miliki,namu saya selalu mencoba untuk selalu mempertahankan prinsip yang saya miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar