Rabu, 29 April 2015

Tanggung Jawab

Tanggung jawab,tanggung jawab adalah hal yang sangat sering kita dengar dan katakana,namun pada kenyataannya adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Pada tulisan kali ini penulis akan coba menceritakan atau menjelaskan bagaimana arti tanggung jawab bagi penulis sendiri.
Saya selaku penulis mengakui,jika saya adalah orang yang cenderung sering lupa dengan tanggung jawab saya sendiri,bahkan bisa dibilang lalai akan tanggung jawab saya.
Tanggung jawab terbesar bagi saya untuk sekarang adalah membahagiakan orang tua dan keluarga saya,walapun pada kenyataannya saya cenderung lebih sering mengecewakan mereka. Tanggung jawab paling sederhana mungkin bisa dibilang menjalani pendidikan saya secara baik dan benar,tanggung jawab ini saya tanggung karna saya merasa dengan ini saya bisa membahagiakan orang tua saya,walaupun pada kenyataannya adalah untuk diri saya sendiri. Saya cenderung lalai dengan pendidikan saya,rasa malas sering menghinggapi saya,apalagi ketika saya baru menjadi mahasiswa. Saya berasal dari sebuah kota bernama Bukittinggi,pindah ke Jakarta menjadi salah satu hal yang membuat saya menjadi malas,tinggal sendiri membuat saya merasa bebas dan merasa tak ada tekanan,padahal kenyataannya saya memiliki tanggung jawab dan alasan kenapa saya berasa disini. Hingga akhirnya saat sekarang,ketika sudah memasuki akhir-akhir dari pendidikan saya,saya baru sadar kalau saya harus menjalankan tanggung jawab saya,demi diri saya dan demi orang tua dan keluarga saya.
Tanggung jawab selanjutnya mungkin pada teman-teman dan orang-orang yang dekat dengan saya,tanggung jawab ini mungkin bisa dibilang bukan hal yang terlalu menjadi prioritas bagi saya,walaupun pada kenyataannya hal-hal tersebut cukup penting. Tanggung jawab saya dalam berteman mungkin lebih ke hal-hal dalam bentuk kesepakatan yang kadang saya langgar. Saya kadang sering melupakan hal-hal yang pernah saya bahas dengan teman-teman saya,namun bukan hal-hal penting yang dapat mengganggu hubungan pertemanan saya.
Pada kenyataannya saya adalah tipe orang yang tidak begitu suka dengan tanggung jawab,disatu sisi saya tak ingin tanggung jawab itu memberatkan diri saya,disisi lain saya tak ingin mengecewakan dan disalahkan ketika tanggung jawab yang diberikan pada saya tidak dapat saya kerjakan dengan sebaik-baiknya,namun saya tetap mencoba melakukan hal terbaik jika memang tanggung jawab itu tidak bisa saya hindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar